Keren! Madin Nurul Ulum Sukses Uji Coba Ujian Diniyah Berbasis Online

ujian diniyah berbasis online

Lampung Tengah– Setelah melalui proses uji coba dan beberapa kali gagal, akhirnya tim IT Madrasah Diniyah Nurul Ulum melakukan uji coba ujian diniyah berbasi online. Website yang akan diluncurkan pemakaiannya pada ujian ganjil diniyah mendatang itu bisa diakses di http://ubo.darusysyafaah.or.id/.

Nantinya setiap peserta ujian akan mendapat user name dan password untuk masuk ke aplikasi dan mengerjakan soal secara online. Sistem ini diyakini lebih efisien, praktis, hemat waktu, dan tentu hemat anggaran. Dari sisi efisiensi ujian, peserta ujian akan lebih teratur dalam mengerjakan soal dan memperkecil potensi mencontek karena soal akan teracak secara otomatis oleh sistem.

Demikian juga dari sisi kepraktisan, ujian berbasis website ini sangat praktis karena tidak memakai kertas lagi. Panitia pun tinggal mengunduh hasil ujian para siswa sudah dalam bentuk nilai dalam format Excel. Lebih-lebih dari sisi anggaran, dengan menggunakan aplikasi BeeSmart versi 3.0 ini tentu menekan biaya operasional. Tidak perlu mencetak soal maupun lembar jawaban.

Saat ini panitia sedang menyusun database soal dari seluruh guru bidang di Madrasah Diniyah Nurul Ulum. Ke depannya, dengan aplikasi ini semua soal tinggal mengatur paket dan akan teracak oleh sistem. Persis dengan sistem Ujian Nasional.

Kelemahan Penerapan Ujian Berbasis Online

Meskipun memiliki beragam keunggulan, penerapan sistem ujian online ini bukannya tanpa celah. Salah satu kekurangannya adalah karena  membutuhkan perangkat komputer dalam jumlah banyak. Jika tidak tersedia, maka pelaksanaan ujian pun harus bertahap. Namun meskipun bertahap, dijamin tidak akan ada kebocoran soal, karena soal yang diperoleh masing-masing siswa pasti berbeda.

Pengadaan perangkat komputer dalam jangka panjang juga menjadi sisi tidak efisien jika tidak ada pemanfaatan lain selain ujian. Pasalnya, ujian hanya dilakukan maksimal 2 kali dalam setahun. Tentu perangkat sekian banyak akan rugi jika didiamkan saja. Namun hal itu bisa disiasati dengan kerja sama antar unit agar saling menguntungkan.

Kelemahan lainnya, ujian online tentu akan terganggu jika ada masalah terkait sambungan internet. Entah karena cuaca buruk, ataupun gangguan dari pihak operator. Waakhiran, secara keseluruhan, penerapan ujian online ini perlu dikembangkan dan dimaksimalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *