Khutbah Pertama
الحمد لله الذي صرف الأمور بتدبيره وعدله ، وفوض تحسين الأخلاق إلى اجتهاد عباده، والصلاة والسلام على سيدنا محمد نبيِه وحبيبِه، وعلى آله وأصحابه الذين اتبعوه واقتَدُوا بِه ِ
أما بعد: فيا أيها الحاضرون اتقوا الله وَأطيعُوه. إنَّهُ مَنْ يَتَّقِ وَيَصْبِرْ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُضِيعُ أَجْرَ الْمُحْسِنِينَ.
Hadirin yang dirahmati Alloh..
Marilah kita semua terus berusaha menyempurnakan takwa kita kepada Alloh dengan taat menjalankan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya. Semoga usaha takwa kita selalu diberi petunjuk dan kemudahan oleh Alloh SWt, amiin ya robbal Alamin…
Hadirin yang dirahmati Alloh..
Kita diperintahkan untuk selalu Iman dan taqwa karena hal itu adalah sebab yang bisa menyelamatkan kita dari neraka.
Alloh swt sebagaimana dalam surat Maryam ayat 71-72 bersabda:
وَإِنْ مِنْكُمْ إِلَّا وَارِدُهَا كَانَ عَلَى رَبِّكَ حَتْمًا مَقْضِيًّا (71) ثُمَّ نُنَجِّي الَّذِينَ اتَّقَوْا وَنَذَرُ الظَّالِمِينَ فِيهَا جِثِيًّا [مريم/، 72]
Maksud ayat ini adalah: Setiap orang (baik yang taqwa atau tidak) pasti masuk neraka. hal ini sudah ketetapan Alloh. Namun, yang taqwa kemudian diselamatkan. dan yang zalim dibiarkan tetap di neraka.
Ayat ini jelas bahwa taqwalah yang dapat menyelamatkan kita dari neraka.
Lama-tidaknya yang taqwa masuk neraka itu tergantung amal solihnya. Ada yang hanya melewati neraka bagai secepat kilat, ada yang bagai tiupan angin, dan sebagainya. Sebagaimana Hadis:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ « يَرِدُ النَّاسُ النَّارَ ثُمَّ يَصْدُرُونَ مِنْهَا بِأَعْمَالِهِمْ فَأَوَّلُهُمْ كَلَمْحِ الْبَرْقِ ثُمَّ كَالرِّيحِ ثُمَّ كَحُضْرِ الْفَرَسِ ثُمَّ كَالرَّاكِبِ فِى رَحْلِهِ ثُمَّ كَشَدِّ الرَّجُلِ ثُمَّ كَمَشْيِهِ. (رواه الترمذى)
Hadirin yang dirahmati Alloh..
Yang menjadi kejanggalan kita adalah, apa yang membuat orang yang sudah bertaqwa dan bertauhid masih bisa masuk neraka? Padahal mereka sudah solih dalam ibadah (حبل من الله)
Dalam kitab ihya’ ulumiddin juz 4 hlm. 29, Imam al-Ghazaly menyebutkan:
وَأكْثَرُ مَا يُدْخِلُ المُوَحِّدِيْنَ النَّارَ مَظَالِمُ الْعِبَادَ، فَدِيْوَانُ الْعِبَادِ هُوَ الدِّيْوَانُ الَّذِي لاَ يُتْرَكُ، فأمَّا بَقِيَّةُ السَّيِّئَاتِ فَيَتَسَارَعُ الْعَفْوُ وَالتَّكْفِيْرُ إلَيْهَا،
mayoritas keburukan yang menjadikan orang yang bertauhid (mengesakan Alloh) dapat masuk ke neraka adalah berbuat dzolim kepada orang lainnya.
Secara garis besar, perbuatan dzolim itu setidaknya meliputi tiga aspek, yaitu:
- Dholim dari aspek fisik (الجراحة), seperti memukul orang lain, dsb.
- Dholim dari aspek kehormatan (العِرض), seperti: melecehkan, meremehkan orang lain, Iri, dengki, membicarakan aib, dan menyebarkan berita hoax.
- Dholim dalam aspek harta (المال) seperti mencuri, dan menguasai hak orang lain.
Inilah diantara contoh dzolim kepada orang lain yang banyak dilakukan oleh orang-orang mukmin, sebagaimana dawuh imam ghazali diatas.
Disebutkan dalam hadis:
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – t- قَالَ قَالَ رَسُولُ الله « مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لأَحَدٍ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَىْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ، قَبْلَ أَنْ لاَ يَكُونَ دِينَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ، إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ، وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ » (رواه البخاري)
Maksud hadis ini adalah: Barang siapa berbuat dzolim kpd org lain (baik dalam urusan harga dirinya atau lainnya), maka segeralah minta maaf hari ini sebelum kiamat (sebab nanti dihari kiamat) amal kebaikannya akan diganti dg dosa kedzolimannya. Jika kebaikannya tidak ada, maka dosanya korban yang didzolimi akan diberikan kepadanya. (نعوذ بالله من ذلك)
Inilah yang disebut muflis (orang yang bangkrut) oleh Nabi sebagaimana dalam redaksi hadis yang lain.
Hadirin yang dirahmati Alloh..
Agar kita bisa selamat melewati neraka bagai secepat kilat, maka mari kita bersama berusaha untuk menjadi orang solih sejati. solih yang sejati adalah:
- القائم بحقوق الله atau solih ritual yakni melaksanakan aturan Alloh, seperti ahli solat, puasa, dzikir
- القائم بحقوق العباد atau solih sosial yakni perduli dengan hak orang lain.
Hadirin yang dirahmati Alloh..
Semoga kita semua selalu diberi taufiq dan hidayah oleh Alloh sehingga menjadi orang yang solih dihadapan Alloh dan solih kepada semua makhluknya.
أعوذ بالله… وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ} [المائدة: 9]]
بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم. ونفعني وإياكم بالأيات والذكر الحكيم. إنه هو السميع العليم
Khutbah Kedua
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ ، وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ ، وَرَسُولُهُ
أما بعد: فيا عبادَ الله اتَّقُوا الله حَقَّ تُقَاتِهِ مَا اسْتَطَعْتُمْ
أعوذ بالله… إِنَّ الله وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا.
اللَّهُمَّ صَلِّ وسلم عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِه وصحبه أجمعين و الحمد لله رب العالمين
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِينَ ، وَالْمُؤْمِنَاتِ ، وَالْمُسْلِمِينَ ، وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ. رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ
اللَّهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الْبَلاءَ والغَلاءَ والوَباءَ والفَخْشَاءَ وَالمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذا خآصَّةً ومِن بُلْدَان المسلمين عآمة إنك على كل شيء قدير
اللَّهُمَّ لا تسلط علينا سلطانا ظالما فاجرا برحمتك يا ارحم الراحمين. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. والحمد لله رب العالمين.
عبادَ الله… إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ. فاذكروا الله يذكركم، واشكروا على نعمه يزدكم , ولذكر الله أكبر
*Oleh Dr. Agus Andi Ali Akbar
Izin menggunakan teks khutbah